Selasa, 22 Juli 2014

DRAG BIKE 2014; KARBURATOR VENTURI BESAR 32-41 MM, MANTAP KARAKTERNYA!


Kapasitas dperbesar, porting masuk dan buang diameternya juga sudah besar, otomatis butuh diameter karburator yang venturinya  besar. Pasnya tergantung diameter intake dan buangnya untuk memenuhi efesiensi ruang bakar. Di dalamnya urusan mekanik untuk memlilih tipe dan merek karbu untuk menentukan  karakter power.
Khusus drag bike karburator berventuri besar memang lebih favorit, lantaran batasan diameternya lebih longgar. Beda dengan road race, regulasinya ketat. Misalnya, untuk underbone 110 cc dilarang melebihi 24 mm. “Karburator venturi besar membantu pasokan bahan bakar melimpah dan cepat debitnya. Utamanya pada kelas bore-up dan stroke-up seperti Bebek 200. FU-ku pakai Keihin PWK 38 mm Air Striker,” bilang Wawan Kristiarto, kliker berbendera Abakura Racing Team asal Solo, Jawa Tengah.
Venturi besar ada hubungan dengan perbesaran kapasitas, diameter intake masuk-buang dan durasi kem. Karena itu permintaan ruang bakar berlipatt-lipat dari standar. Karburator akan memenuhi efesiensi volumetriknya. Nantinya merek dan tipe karburator yang akan memengaruhi karakter korekan motor.
Sudah pasti ada dua merek yang ‘familiar’ di Indonesia, yakni Keihin dan Mikuni. Tapi ada tipenya atau jenis turunannya yang dikeluarkan rumah tunning manca negara. Kebanyakan sih pakai  dari Sudco dari dua merek itu. Antara lain Keihin PWK Sudco 33, 35, 36, 38, 39 dan 41 mm. Lalu PJ Sudco 34 mm dan PWM Sudco 38 mm.
"Begitu juga untuk Mikuni dari Sudco, lantaran cocok dengan mesin-mesin silinder tunggal. Misalnya TM Sudco 32, 34, 36 dan 38 mm. VM Sudco 32 - 34 mm dan TMX Sudco 35 - 38 mm,” sebut Martin CP dari Arya 117 Motorspot, Jogja, salah satupedege yang stok part racing macam karbu venturi besar tadi.  Martin juga bilang, soal part kit seperti needle jetjet needle, pilot jet dan main jet, tak usah pusing. Sekarang mudah dicari untuk  mempermudahkan setting.

 Dari deretan tipe Keihin dan Mikuni by Sudco ini, punya kelebihan masing-masing. Salah satunya di Keihin PWK 38 mm Air Striker. Karbu ini memiliki dua buah sirip pada lubang venturi untuk memusatkan aliran udara. Makanya disebut Air Strike, “Fungsinya untuk by pass udara yang disedot oleh karbu. Sehingga saat full throttle dan gasingan berada putaran atas, bensin selalu nyembur,” sambung Indra Baskara dari RAT Motor Sport di Jln. By Pass, Sidoarjo, Jatim.
Sampai di sini dulu soal karbu. Nanti kalau dapat info lagi akan dilanjut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar