Selasa, 02 Oktober 2012

RAFID TOPAN: DARAHKU GOLONGAN BALAP



Ada yang menarik jika mencermati eksistensi pembalap muda bertalenta Rafid Topan dua tahun belakangan. Lajang berusia 17 tahun ini tergabung dalam dua tim berbeda yang tentu saja saling mendukung. Ketika bermain di seri Asia Road Racing Championship 2011 (ARRC 2011) kelas Underbone 115 cc 4 Stroke bernaung di Yamaha CKJ TJM Racing yang kolaborasi Malaysia (CKJ) dan Indonesia (TJM).

Untuk kompetisi Indoprix 2011 dan Malaysian Super Series (Supersports 600) mengibarkan bendera Yamaha Yamalube KYT Tunggal Jaya ASH. “Kebetulan ada pengusaha Malaysia yang senang balap dan melihat potensi saya hingga mengajak bergabung,“ ujar Topan, sapaan akrab lajang memiliki darah pembalap karena dua kakaknya (Sigit Sugiarto dan Rapid Poppy) adalah mantan racer nasional. | ogy

Sejak kapan anda mengenal dunia road race ? Siapa yang berperan memberikan pelajaran skill hingga dapat berkembang pesat ?
Saya mulai turun balap 2006. Bapak yang pertama mengajari. Waktu itu kalau latihan di daerah Marunda. Jadi di daerah perumahan yang belum terpakai. Dalam perkembangannya setelah memiliki tim sendiri dan dikontrak pabrikan, banyak dilatih kakak (Rapid Poppy). Disamping juga dukungan penuh keluarga selalu hadir sampai sekarang.

Bagaimana cerita awal hingga anda juga dilirik tim CKJ asal Malaysia ?
Saat main di Indoprix 2010 di Sentul, saya mencatat best-time. Saat itu Pak Haji, pemilik tim CKJ yang juga pengusaha Malaysia ikut menonton. Kemudian menemui saya dan menanyakan apakah bermain di balap Asia. Saya bilang tidak dan selanjutnya mendapat tawaran untuk bermain di level Asia. Pembicaraan awal hanya ikut seri I ARRC 2010 Malaysia. Namun karena potensi saya, maka diplot ikutan terus. Seterusnya pada 2011 ini CKJ berkolaborasi dengan TJM (Tunggal Jaya Motorindo), tim pabrikan Yamaha di Indonesia. Untuk wearpack ARRC 2011 memang dominan warna CKJnya.

Kabarnya anda juga mencoba kompetisi Supersports 600 Malaysia ? Atas inisiatif siapa ambil bagian ?
Ya betul  saya bertarung di semua putaran Malaysian Super Series 2011 (MSS 2011). Kalau yang ini didukung penuh Pak Rudi. Jadi mengusung tim Yamaha Yamalube KYT Tunggal Jaya ASH.  MSS itu balapan Supersports 600 khusus pemula yang diikuti rider-rider Asia. Semua seri berlangsung di sirkuit Sepang Malaysia dan sampai saat ini saya memimpin klasemen sementara.

Apa hobi yang sangat anda gemari ? Kapan biasanya dilakukan ?
Saya sangat senang mancing. Itu saja tidak ada yang lain. Kalau libur pasti kita mancing ke tengah laut bareng saudara-saudara dan berangkat dari Tangerang. Rata-rata bisa 3 kali dalam satu bulan. Jadi bawa kapal dan rumpon juga yang berfungsi untuk membantu penangkapan ikan. Termasuk membawa alat GPS. Biasanya kita semalaman di laut.

Stamina tubuh anda terlihat begitu mumpuni. Bagaimana dengan cara anda melatih fisik ? Porsi latihan apa saja yang dilakoni ?
Untuk lari dan renang hampir setiap hari saya lakukan selama 1 jam keseluruhan. Terutama jika tidak ada jadual balap atau keperluan penting. Soal waktunya menyesuaikan sesuai dengan waktu yang lowong. Selanjutnya latihan motokros dengan YZF250 selama 2 jam. Kebetulan ada sirkuit di dekat rumah. Sejak pemula, saya memang digenjot urusan fisik.


,:,


ARI WIBISIONO: DOTA KE ALL JAPAN, TOPAN KE MSS

Mencermati prestasi signifikan yang direnggut Rafid Topan, bagaimana atensi atau perhatian Motosport Yamaha ? Mengingat segi usia begitu potensial ?
Saya pikir Topan harus meninggalkan balapan jenis bebek tahun depan. Ini wajib hukumnya, karena jenjangnya mentok. Jadi harus beralih dan fokus ke Supersports 600.

Bagaimana planning yang akan dilakukan jika dia diplot harus meninggalkan balap bebek dan fokus di Supersports 600 ?
Bisa dimulai dari Kejurnas Supersports dan seri Asia Road Racing Championship. Saya memberi apresiasi keputusan tim Yamaha TJM (Tunggal Jaya Motorindo) yang mengikutsertakannya dalam Malaysian Super Series 2011 yang khusus melombakan pemula untuk balap Supersports 600.

Apakah tidak ada pemikiran digabungkan dengan Doni Tata di kompetisi Asia Road Racing Championship (ARRC)
Saya pikir akan lebih baik jika Topan dibuat terpisah dengan Doni Tata. Apalagi dari tim Yamaha TJM (Tunggal Jaya Motorindo) ikut mendukung prestasinya. Ada sinergi antara pihak Yamaha dan tim. Kita harus saling mendukung dan memberdayakan. Misal secara tim, TJM mensupport ke kompetisi MSS (Malaysian Super Series) atau lainnya, sedang YMKI ke All Japan Championship. Tentu saja, hal ini harus dibicarakan lebih lanjut hingga menghasilkan kesepakatan. Intinya Yamaha akan memberikan apresiasi untuk pembalap potensial yang berprestasi.

BIODATA :
Nama : RAFID TOPAN
Tanggal Lahir : 24 AGUSTUS 1994
Alamat     : JL. MASJID GANG SENTOSA NO. 11 JATI CEMPAKA, PONDOK GEDE, BEKASI.
Ayah : SUGITO
Ibu : SITI ROHIMAH
Tim : YAMAHA CKJ TJM RACING
Mekanik : HAWADIS

PRESTASI :
- Juara I seri III Asia Road Race 2011 India (race 1 & 2), Juara I Seri II
- Asia Road Race 2011 Indonesia (race 1 & 2), Juara I Indoprix 2011 seri
- I dan III Sentul (125 cc), Juara I Indoprix 2011 seri I Sentul (110 cc),
- Juara I seri I Asia Road Race 2011 Malaysia (race 1), peringkat III
- Klasemen akhir ARRC 2010, Juara Nasional 2009 seeded MP1 & MP2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar